RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN. Penggalaman 1
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VI
(Enam)
Semester : II
(Dua)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
(1 pertemuan).
Standar Kompetensi
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan data
Kompetensi Dasar
Mengurutkan data termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah
Indikator
1. Mengurutkan data
2. Menentukan nilai tertinggi dan terendah
A.
Tujuan
Pembelajaran
-
Mengurutkan data termasuk
menentukan nilai tertinggi dan terendah
B.
Materi
Ajar
Pengolahan data
C.
Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
1.
Diskusi,
2.
Tanya Jawab
3.
Ekspositori,
4.
Latihan
D.
Langkah-langkah
Kegiatan.
1.
Kegiatan
Awal
a. Mengajak
semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk
mengawali pelajaran.
b. Absensi kehadiran siswa
c. Menyampaikan Indikator dan
kompetensi yang diharapkan
d. Melakukan Apersepsi dengan
tanya jawab
|
(10 menit)
|
2.
Kegiatan
Inti
a.
Membaca
data
b.
Mengurutkan
data dari yang tertinggi sampai yang terendah
c.
Siswa
diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan
|
(50 menit)
|
3.
Kegiatan
Penutup
a.
Menyimpulkan materi yang telah disampaikan, memberikan
pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada
pertemuan selanjutnya.
b.
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi
dasar.
c.
Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa
|
(10 menit)
|
E.
Sumber/Bahan
Belajar
1.Buku
paket
2.Buku
referensi lain.
F.
Penilaian
Tes dan non tes
Bentuk
Isian
Contoh Instrumen
1. Berikut disajikan
rata-rata nilai ulangan semester ganjul kelas 5C
6, 7, 6, 8, 7,5,
8, 7, 6, 8, 7
5, 6, 7, 5, 9,
7, 6, 5, 8, 7
8, 6, 7, 5, 7,
5, 8, 9, 9, 8
4, 8, 9, 6, 7,
9, 8, 7, 7, 7
a. Ututkan data tersebut!
b. Buat tabelnya!
c. tentukan nilai yang tertinggi
dan terendah!
Mengetahui, Penggalaman,......................2012 Kepala Sekolah Guru
Kelas 6
(.................................) (.......................................)
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar